Jamal Hibatulloh Juarai Etape Keempat TdS 2017

Jamal Hibatulloh Juarai Etape Keempat TdS 2017 Jamal Hibatulloh Juarai Etape Keempat TdS 2017 Para pembalap ...

Jamal Hibatulloh Juarai Etape Keempat TdS 2017

Jamal Hibatulloh Juarai Etape Keempat TdS 2017

Para pembalap beradu kecepatan pada etape ke empat Tour de Singkarak (TdS) 2017 di Solok, 21 November 2017. Etape ke empat tersebut mengambil start di Danau Singkarak dan finis di Payakumbuh dengan jarak total 106 kilometer. (BeritaSatu Photo/Danung Arifin)

Oleh: Danung Arifin / YUD | Selasa, 21 November 2017 | 19:16 WIB

Payakumbuh - Nama Danau Singkarak yang merupakan ikon tour balap sepeda internasional di Sumatera Barat mulai bersahabat dengan pembalap Indonesia. Hal itu terbukti setelah pembalap KFC Cycling Team, Jamal Hibatulloh mampu menjuarai etape empat yang mengambil start dari Dermaga Danau Singkarak dan finis di Payakumbuh, Selasa (21/11).

Sepanjang sejarah balap seped a Tour de Singkarak (TdS), Jamal adalah pembalap Indonesia kedua yang mampu menjuarai etape yang dilombakan. Pembalap Indonesia yang pertama kali berhasil melakukannya adalah Ferinanto dari United Bike yang menjadi juarai etape pertama TdS edisi 2011.

Jamal sejak etape partama yang finis di Pantai Padang memang mampu menyodok dan finis di urutan ketiga. Hasil ini benar-benar menjadi motivasi untuk meraih hasil terbaik. Dengan hasil tersebut pembalap berusia 20 tahun ini tetap menjadi pembalap Indonesia tercepat (Red White Jersey) hingga etape empat.

Pembalap asal Sumedang, Jawa Barat itu pada etape ke empat mampu menyelesaikan balapan sejauh 106,4 km dengan catatan waktu 02:34:03. Untuk posisi dua direbut pembalap asal Korea yang memperkuat Gapyeong Cycling Team, Eunseong Jun dan posisi ketiga Yonnatta Alejandro dari Qinghai Tianyoude China dengan catatan waktu yang sama.

Kemenangan Jamal ini diraih setelah menang adu sprint dengan pembalap yang berada di rombon gan besar. Hasil ini langsung disambut dengan tepuk tangan meriah dari penonton mengingat kejadian ini cukup langka karena sejak 2011 baru saat ini ada pembalap Indonesia yang mampu menjuarai etape TdS.

"Sejak start memang saya terus berada di depan. Bersama tim saya terus berusaha mempertahankan posisi. Saat di tanjakan kami berusaha memisahkan diri dengan yang lain. Mulai memimpin sejak 20 km menjelang finis," kata Jamal Hibatulloh usai perlombaan.

Hasil yang diraih oleh pembalap dengan nomor start 21 juga dirasakan oleh manajemen KFC Cycling Team yang selalu setia mengawal jalannya perlombaan. Hal tersebut terjadi karena kemenangan ini sangat diimpikan mengingat prestasi Jamal memang terus mengalami peningkatan.

"Akhirnya pecah telor juga. Ini yang kami tunggu sejak awal. Terus terang kami sangat senang dengan hasil ini," kata manajer tim KFC Cycling Team Indonesia, Parno.

Dengan terus bergantinya pemenang di setiap etape, posisi Gh ader Mizbani sebagai pemuncak klasemen atau pemegang Yellow Jersey tetap aman. Pembalap Tabriz Shahrdary Team Iran ini tetap kokoh dengan total catatan waktu hingga etape empat adalah 13:18:30.

Meski dalam kondisi cedera, Ghader mampu finis etape empat diposisi 58 dengan catatan waktu 02:36:34. Bahkan saat naik panggung pembalap dengan nomor start 41 ini enggan menggunakan Yellow Jersey karena tangannya masih sulit diangkat.

"Fokus saya memang mempertahankan posisi saat ini," kata Ghader dengan singkat.

Kemenangan Jamal selain mempertahankan Red White Jersey juga mendongkrak posisinya sebagai raja sprint (Green Jersey). Saat ini pembalap asal Sumedang, Jawa Barat ini berada diposisi dua dengan raihan 35 poin. Sedangkan Green tetap dipegang Robert Muller asal Jerman dengan raihan 49 poin.

Sementara itu untuk predikat raja tanjakan pada kejuaraan yang masuk kalender UCI dan didukung penuh Kementerian Pariwisata hingga hari ini adalah Khalil Khorsh id dari Tabriz Shahrdary Team Iran dengan raihan 15 poin. Sedangkan posisi dua ada Wilmar Jahir dari Sapura Cycling Team dengan poin yang sama.

Setelah menyelesaikan etape keempat yang finis di Kota Galamai, pembalap yang finis bakal melanjutkan ke etape lima yang menantang. Mereka akan mengawali balapan dari Kota Solok dan bakal finis di Solok Selatan, Rabu (22/11) dengan jarak tempuh 153,2 km.

Danau Singkarak Ikon TdS

Tidak salah jika danau Singkarak menjadi ikon TdS, mengingat keindahan danau dan potensi wisata yang dimilikinya. Danau Singkarak merupakan danau kebanggaan masyarakat Minangkabau Sumatera barat.

Danau ini terletak di antara Kabupaten solok dan kabupaten Tanah datar dengan luas 107.8 km2 dan ketinggian 363.5 m dari permukaan laut. Danau ini juga merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah danau Toba di Medan.

Karena keindahannya tersebut, sejak tahun 2009, Kementerian Pariwisata bersama Pemerintah Daerah Suma tera Barat mengadakan acara event tahunan, yaitu balap sepeda internasional dengan nama event “Tour de Singkarak”. acara ini bekerja sama dengan Amaury Sport Organisation yang merupakan organisasi yang menyelenggarakan even balap sepedaTour de France di Perancis.

Waktu penyelenggaraan awal berlangsung selama seminggu antara bulan April â€" Juni dengan tujuh etape yang harus dilewati oleh peserta. Tour de Singkarak tak hanya sekadar lomba balap sepeda jalan raya, namun juga mempromosikan budaya dan keindahan alam yang dimiliki Provinsi Sumatera Barat. Sepanjang rute yang ditempuh, para pembalap disuguhi pemandangan keberagaman budaya Minangkabau dan juga keindahan alam Provinsi Sumatera Barat.

Pada awalnya, Tour de Singkarak dimulai dari garis start yang ada di kota Padang dan berakhir di Dermaga Danau Singkarak. Kemudian sejak tahun 2012, garis start dimulai dari Kota Sawahlunto yang merupakan sebuah kota tua bersejarah di Provinsi Sumatera Barat dan berakhir di ko ta Padang. Meskipun tak lagi menjadi lokasi garis finish, pada TdS 2017 kali ini Danau Singkarak menjadi garis start etape IV.



Sumber: BeritaSatu.com ARTIKEL TERKAIT
  • Robert Muller Kuasai Rute Terpanjang TdS 2017
  • Trek Kombinasi Tantang Pembalap di Etape 2 TdS 2017
  • Robert Muller Tercepat di Etape 1 TdS 2017
  • Tour de Singkarak, Agam Pastikan Kelok 44 Dapat Dilintasi
  • 103 Pembalap Siap Bertarung di Etape I Tour de Singkarak 2017
  • Tour de Borobudur Lintasi Kawasan Wisata Jateng
  • 1 Seleksi Peserta Pemilu 2019 2 Kelompok Bersenjata Beraksi di Papua 3 Tambah Daya Listrik 4 Rakernas Nasdem 5 Penembakan Dokter
    • Anggaran "Aneh" di RAPBD DKI 2018, Ketua DPRD: Silakan Dikritisi
    • Pilot Bicara Rasis, Garuda Minta Maaf
    • Sebelum Meninggal, Laila Sari Siapkan Kain Kafannya Sendiri
    • Bertambah 58 Orang, Tim Gubernur Anies Sedot Dana Rp 28 M
    • Bursa Ketum Golkar, Airlangga Tunggu Restu Jokowi
    • Aliran Dana E-KTP ke DPR Diberikan Tunai Tanpa Kuitansi
    • Kahiyang Ayu Resmi Bermarga Siregar
    • Dituding Anies Dibiayai Swasta, Staf Ahok Angkat Suara
    • Anggaran Sekwan DPRD DKI Naik Drastis, Rp 107 M untuk Kunker
    • Menhub: Kereta Bandara Soekarno Hatta Beroperasi Desember
Sumber: Google News | Berita 24 Sumbar

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Terkini,5,
ltr
item
Berita 24 Sumatera Barat: Jamal Hibatulloh Juarai Etape Keempat TdS 2017
Jamal Hibatulloh Juarai Etape Keempat TdS 2017
http://img.beritasatu.com/cache/beritasatu/910x580-2/1511266672.jpg
Berita 24 Sumatera Barat
http://www.sumbar.berita24.com/2017/11/jamal-hibatulloh-juarai-etape-keempat.html
http://www.sumbar.berita24.com/
http://www.sumbar.berita24.com/
http://www.sumbar.berita24.com/2017/11/jamal-hibatulloh-juarai-etape-keempat.html
true
7166314163973382741
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy