www.AlvinAdam.com


Berita 24 Sumatera Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Seribu Rumah Gadang, Pesona Budaya di Solok Selatan

Posted by On 15.33

Seribu Rumah Gadang, Pesona Budaya di Solok Selatan

SPORTOURISM â€" Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat punya ikon pariwisata unggulan berupa rumah gadang. Bukan sekedar rumah gadang biasa tentunya, sebab di kawasan ini Sahabat Sporto dapat menemukan beragam variasi rumah gadang yang jumlahnya cukup banyak hingga disebut sebagai kawasan Seribu Rumah Gadang.

Kawasan Seribu Rumah Gadang tersebut berada di Jorong Koto Baru, Kenagarian Muaralabuh, Kecamatan Sungai Pagu. Sahabat Sporto dapat menuju kawasan wisata budaya ini melalui jalur darat. Waktu tempuhnya sekitar empat jam bila dimulai dari Kota Padang, Sumatera Barat.

Namun sayangnya akses jalan ke Solok Selatan ini tidak terlalu mulus. Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria, mengatakan jika jalan menuju kawasan Seribu Rumah Gadang perlu diadakan perbaikan. “Bukan sekedar jelek tapi juga berkelok-kelok. Oleh sebab itu kami sudah meminta Kementerian PU untuk memperbaiki infrastruktur di sini,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, Seribu Rumah Gadang merupakan destinasi terpopuler di Sumatra Barat. “Di kawasan ini terdapat rumah gadang terbanyak di Sumatra Barat dan bentuknya unik serta ukurannya bervariasi, namun umumnya besar-besar,” jelasnya.

Menurut Zakaria, rumah gadang yang berada di kawasan Seribu Rumah Gadang ini sudah berumur ratusan tahun. Bahkan beberapa di antaranya sudah berdiri sejak tahun 1700-an. “Beberapa di antaranya memang telah mengalami beberapa kali pemugaran, namun tidak mengubah ciri dan bentuk khas aslinya,” ungkapnya.

Saat berada di sini Sahabat Sporto dapat melihat dan menikmati secara langsung keindahan arsitektur dari rumah gadang yang megah. Bentuknya begitu khas dengan sejumlah gonjong (bentuk runcing memanjang seperti tanduk kerbau) yang menghiasi di tepiannya.

Selain itu, Sahabat Sporto juga dapat menikmati sensasi bermalam di rumah gadang yang sudah berusia ratusan tahun ini. Pasalnya sej umlah rumah gadang yang berada di kawasan ini juga sudah difungsikan sebagai homestay untuk wisatawan.

Sumber: Google News | Berita 24 Sumbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »