www.AlvinAdam.com


Berita 24 Sumatera Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Waspada Siklon Badai Baru Diperkirakan akan Muncul di Barat ...

Posted by On 06.39

Waspada Siklon Badai Baru Diperkirakan akan Muncul di Barat ...

Banjir dan Longsor

Waspada Siklon Badai Baru Diperkirakan akan Muncul di Barat Sumatera

Usai siklon cempaka kini BMKG menemukan adanya siklon badai baru yang diprediksi akan muncul di barat Sumatera.

Waspada Siklon Badai Baru Diperkirakan akan Muncul di Barat SumateraSURYA/Adi BagusSejumlah jembatan di Kabupaten Pacitan roboh terseret arus banjir. sejak Selasa (28/11/2017). Ratusan Warga Terisolir oleh Banjir di Pacitan. (Surya/Adi Bagus)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Siklon Cempaka yang menyebabkan anomali cuaca kekuatannya mulai berkurang.

Siklon Tropis Cempaka telah muncul di perairan selatan Jawa Tengah, seki tar 100 kilometer sebelah selatan tenggara Cilacap pada titik 8,6 Lintang Selatan dan 110,8 Bujur Timur.

Fenomena alam ini menyebabkan hujan lebat dan potensi longsor.

Namun, usai siklon cempaka kini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menemukan adanya siklon badai baru yang diprediksi akan muncul di barat Sumatera.

Posisi persisnya berada sekitar 535 kilometer sebelah barat daya Bengkulu atau 8,5 Lintang Selatan dan 110,0 Bujur Timur.

Dampak dari bibit siklon tropis ini adalah hujan sedang hingga lebat di sejumlah titik, yakni di pesisir barat Bengkulu hingga Lampung.

Kemudian, wilayah Sumatera Barat hingga Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat bagian selatan akan terkena angin kencang lebih dari 20 knot.

Selain itu, gelombang laut juga akan naik dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter di perairan Kepulauan Nias, dan di Samudera Hindia barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai; dan 4-6 meter di perairan Enggano, perairan barat Lampung, Samudera Hindia sebelah barat Enggano hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten, Samudera Hindia sebelah selatan Banten.

Banjir akibat tanggul jebol di Kasiran Mlipak Wonosobo jebol rumah dan hanyutkan seorang warga. TRIBUN JATENG/KHOIRUL MUZAKI
Banjir akibat tanggul jebol di Kasiran Mlipak Wonosobo jebol rumah dan hanyutkan seorang warga. TRIBUN JATENG/KHOIRUL MUZAKI (Tribun Jateng/Khoirul Muzaki)

Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Mulyono Rahadi Prabowo saat dihubungi mengatakan bahwa bibit siklon baru itu diprediksi akan semakin menguat, dan berubah menjadi siklon pada Rabu malam.

Baca: Mugiyanto Sempat Mengimami Salat di Masjid Sebelum Tubuhnya Hanyut Terbawa Arus Banjir

Halaman sela njutnya 1234
Penulis: Seno Tri Sulistiyono Editor: Dewi Agustina Ikuti kami di Video Detik-detik Pramugari Lion Air Tampar Penumpang, Berujung Lapor Polisi Sumber: Google News | Berita 24 Sumbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »