www.AlvinAdam.com


Berita 24 Sumatera Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Lezatnya Bika Asli Minang, Turis Filipina Aja Suka!

Posted by On 12.41

Lezatnya Bika Asli Minang, Turis Filipina Aja Suka!

SPORTOURISM - Banyak ragam makanan asal Sumatera Barat yang tersaji dalam Minangkabau's Week. Salah satunya yang menarik adalah Bika sebagai makanan khas Pariaman dan Bukit Tinggi.

Minangkabau's Week pekan ini yang diselenggarakan di anjungan Sumatera Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018, banyak menghadirkan hidangan khas Ranah Minang. Salah satunya yang menarik adalah Bika.

Jika biasanya Bika dikenal dengan akhiran Ambon, hidangan dari Sumatera Barat ini tak kalah lezatnya. Bahannya terbuat dari tepung beras, kelapa muda, gula, dan sedikit garam. Namun, ada yang utama sebagai penguat aromanya, yaitu daun waru.

"Khasnya justru dari daun waru yang membuat Bika ini enak," kata Sumarni penjual Bika saat ditemui di acara Minangkabau's Week, Rabu (26/12). Ia pun menjelaskan cara membuatnya kepada r edaksi Sportourism.

Pertama semua bahan dicampur jadi satu, sebelum dimasukan kedalam cetakan, terlebih dahulu dialasi daun waru. Setelah itu masukkan dalam panggangan.

Sumarni pun mengaku dagangannya ini sangat diminati banyak orang. Terlebih jajanan ini jarang ditemui di Jakarta. "Banyak sekali yang tanya dan beli, sehari sampai ratusan Bika kejual," tuturnya.

Wisatawan Filipina menikmati Bika dari Sumbar.

Rasanya yang gurih dan manis, membuat Bika khas Sumatera Barat ini berbeda. Apalagi tekstur kelapa saat dikunyah bercampur harumnya daun waru, menjadikan aroma yang keluar saat dimakan jadi cita rasa yang unik.

Sampai, salah satu turis asal Filipina pun mengakui kelezatan Bika. "Bika sangat lezat, hampir mirip dengan makanan di Filipina. Bedanya, Bika sangat terasa kelapa, rasanya enak sekali," kata Emelita yang sedang berlibur ke Indonesia bersama ketujuh temannya.

Di Filipina, kata Emelita, ada satu panganan yang mirip dengan Bika khas Sumatera Barat, namanya Bibingka. Kue khas Filipina dengan lebih didominasi rasa beras ketimbang kelapanya. Saat Ia mengetahui namanya mirip, Ia pun tertawa.

"Di Filipina makanan sejenis ini namanya Bibingka, kalau di sini? Bika. Wah, hanya nama pendeknya saja ya, tapi lezat sekali," tutup Emelita sambil tetap mengunyah Bika.

Sumber: Google News | Berita 24 Sumbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »