www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Lewat Sambungan Video, Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah di 5 ...

Posted by On 08.55

Lewat Sambungan Video, Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah di 5 ...

Sabtu 23 Desember 2017, 14:33 WIB Lewat Sambungan Video, Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah di 5 Daerah Angling Adhitya Purbaya - detikNews Lewat Sambungan Video, Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah di 5 DaerahPembagian sertifikat di lima daerah sekaligus. (Angling Aditya/detikcom) Jakarta - Presiden Joko Widodo menyerahkan 705 ribu sertifikat tanah untuk rakyat di lima provinsi di Indonesia secara serentak. Penyerahan dipusatkan di Kota Semarang, Jawa Tengah.
Presiden tiba di lokasi acara, yaitu Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, sekitar pukul 12.30 WIB. Orang nomor 1 di Indonesia itu langsung di sambut riuh oleh warga yang sudah menunggu. Jokowi menyalami sejumlah warga yang sangat antusias.

Jokowi meminta warga yang telah menerima sertifikat untuk mengangkatnya, kemudian dihitung.Jokowi meminta warga yang telah menerima sertifikat untuk mengangkatnya, kemudian dihitung. (Angling Aditya/detikcom)

Jumlah sertifikat yang dibagikan di lima provinsi berjumlah 705.194 sertifikat. Namun, untuk hari ini, yang dibagikan di Jawa Tengah yaitu Semarang sebanyak 10.350 sertifikat, Padang Sumatera Barat sebanyak 24.919 sertifikat, Yogyakarta sebanyak 4.000 sertifikat, Bengkulu 57.346 sertifikat, dan Baubau Sulawesi Tenggara 69.666 sertifikat.
"Hari ini di lima provinsi di 37 kabupaten/kota. Di Jawa Tengah dibagikan 10.350 sertifikat," kata Jokowi, Sabtu (23/12/2017).
Jokowi kemudi an meminta warga mengangkat sertifikat mereka bersama-sama. Ia pun bercanda akan menghitungnya.
"Coba diangkat, jangan diturunkan, mau saya hitung. 1, 2, 3, 4, 5, 6... yak di sana 10.350," canda Jokowi.
Sertifikat diserahkan secara simbolis kepada 12 warga. Penyerahan simbolis juga dilakukan serentak di empat provinsi lainnya yang dilakukan dengan video conference. Di daerah lainnya diwakili oleh sejumlah menteri untuk penyerahan sertifikat.
"Seluruhnya 705 ribu sertifikat yang dibagikan hari ini. Besok 28 Desember akan bagi lagi 1.080.000 sertifikat," tandasnya.
Jumlah sertifikat yang diserahkan hari ini di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, tepatnya yaitu 10.350 sertifikat. Terdiri atas Kota Semarang 1.050 sertifikat, Kabupaten Semarang 3.000 sertifikat, Kabupaten Kendal 2.500 sertifikat, Kabupaten Demak 2.500 sertifikat, Kabupaten Grobogan 1.000 sertifikat, dan Kota Salatiga 300 sertifikat.
Dalam sambutannya, Presiden juga berpesan kepada penerima sertifikat agar menyimpan dengan baik. Dan jika ingin menggunakan sertifikat untuk jaminan pinjaman di bank, harus bisa memanfaatkan dengan baik, yaitu sebagai modal usaha.
"Saya titip pesan. Biasanya kalau sudah punya sertifikat, penginnya 'disekolahkan', benar nggak? Nah, benar, kan, hafal saya. Silakan, tapi saya titip, kalau mau untuk jaminan bank, tolong dihitung dulu, kalkulasi dulu, bisa cicil tidak, bisa angsur tidak. Kalau tidak, ya jangan. Kalau bisa, ya silakan karena untuk tingkatkan usaha dan income," jelas Jokowi.
Program pemberian sertifikat tersebut memang terus digenjot pemerintah pusat. Presiden memberikan target pada 2016 yaitu 4 juta sertifikat, tahun 2017 sebanyak 5 juta sertifikat, tahun 2018 sebanyak 7 juta sertifikat, tahun 2019 sebanyak 9 juta sertifikat, dan setelah itu 10 juta sertifikat setiap tahunnya.
"Kita harus bekerja keras agar sertifikat segera dipegang. Sebanyak 126 juta seharu snya yang harus besertifikat. Tahun kemarin masih 46 juta, 80 juta belum. Kalau dulu-dulu setahun 500 ribu, saya hitung 160 tahun baru pegang sertifikat, mau seperti itu?" tandas Jokowi.
"Ini tugas menteri. Kalau juru ukur kurang, tambahi," imbuhnya.
Acara penyerahan berlangsung santai karena Presiden kerap memberikan candaan, termasuk ketika memberikan kuis kepada warga.
Setelah semua prosesi selesai, Presiden meninggalkan lokasi pukul 13.37 WIB. Dari Simpang Lima, Presiden langsung menuju Marina Convention Center Semarang untuk menghadiri HUT Partai Hanura ke-11.
(alg/bag)Sumber: Google News | Berita 24 Sumbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »