www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sidak Ombudsman Sumatera Barat Temukan Pegawai RS Asyik Tidur

Posted by On 16.19

Sidak Ombudsman Sumatera Barat Temukan Pegawai RS Asyik Tidur

MITRAPOL.com - Ombudsman Sumbar menemukan fakta penyimpangan layanan publik dan menurunnya performa layanan pada malam hingga dini hari. Petugas tidur dan lalai, peralatan apa adanya membuat pelayanan kepada masyarakat tidak optimal.



Fakta ini didapat Ombudsman dari hasil inspeksi mendadak dini hari (sidak) di dua rumah sakit (RS), dan satu pemadam kebakaran (Damkar) yang dilakukan pertengahan desember ini.
"Tujuan dari sidak ini untuk memastikan “pemerintah hadir” dalam bentuk pelayanan publik 24 jam 7 hari bagi masyarakat," kata Adel Wahidi Plt. Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat.
Sidak dilaksanakan di R SUD Lubuk Sikaping, Unit Damkar Pasaman Barat dan RSUD Kabupaten Pasaman Barat. Adel mengatakan di RSUD, baik Pasaman Barat dan Lubuk Sikaping, pihaknya menemukan petugas yang tidur, di RSUD Lubuk Sikaping malah ditemukan petugas IGD yang tidur, kondisi ini membuat mereka tidak siap melayani jika ada layanan darurat.
Anehnya lagi, kami menemukan petugas piket malam ternyata kebanyakan tenaga sukarela, yang hanya menerima jasa medis saja, tanpa tunjangan ataupun gaji.
"Kami sedang pelajari, apakah ini berupa modus menempatkan pegawai sukarela piket malam hari, yang tentu akan menurunkan kualitas layanan. Kemana petugas PNS dan kontrak," paparnya.
Sementara itu, pada layanan pemadam kebakaran Pasaman Barat, pihaknya menemukan layanan telepon yang sudah mati/rusak.
"Kami mencoba menelpon, untuk mengkroscek kecepatan petugas yang berjaga, tapi ternyata layanan “call centre” rusak. Dapat dibayangkan, jika ada kebakaran, masyarakat tak dapat mene lpon ke Damkar, apalagi di setiap unit Damkar hanya ada 1 mobil pemadam," terangnya.
Hasil sidak telah disampaikan langsung melalui pertemuan dengan Bupati Pasaman Yusuf Lubis, dan Sekda Pasaman Barat, Manus Handri.
"Hasil lengkap sedang kami proses, akan kami susulkan berupa rekomendasi kepada kepala daerah. Kami berharap, pemerintah dapat memastikan kualitas layanan yang bersifat 24 jam dan 7 hari tetap maksimal," ungkapnya.
"Rumah Sakit, Damkar, SPKT Kepolisian, Pelabuhan dan Bandara adalah layanan yang tak boleh “tidur” pada malam hari. Apalagi menjelang natal dan akhir tahun ini, semua harus tetap siap melayani," pungkasnya.
Reporter : efrizal
Sumber: Google News | Berita 24 Sumbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »