www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Komisi Yudisial Usulkan Dua Hakim di Sulsel Dijatuhi Sanksi

Posted by On 17.01

Komisi Yudisial Usulkan Dua Hakim di Sulsel Dijatuhi Sanksi

Komisi Yudisial Usulkan Dua Hakim di Sulsel Dijatuhi Sanksi

Komisi Yudisial (KY) merekomendasikan penjatuhan sanksi kepada 58 orang hakim ke Mahkamah Agung.

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR. COM, MAKASSAR- Komisi Yudisial (KY) merekomendasikan penjatuhan sanksi kepada 58 orang hakim ke Mahkamah Agung.

Mereka dinyatakan terbukti melanggar Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH). Dua diantaranya adalah hakim yang bertugas di wilayah Sulawesi Selatan.

Menurut Juru bicara Komisi Yudisial RI, Farid Wajdi bahwa rekomendasi sanksi ini merupakan hasil pemeriksaan melalui proses sidang pleno. Mereka dinyatakan terbukti melanggar KEPPH.

"Dari 58 hakim terlapor yang direkomendasikan untuk dijatuhi sanksi, jenis pel anggaran terbanyak adalah kesalahan ketik (typo error) 20 orang, dan bersikap tidak profesional 19 orang" paparnya.

Selain itu,para hakim ini dianggap bersikap tidak adil atau imparsial yang dilakukan oleh 9 hakim terlapor.

Kemudian terlibat perselingkuhan 7 hakim terlapor, tidak menjaga martabat dilakukan 1 hakim, narkoba 1 hakim.

Kemudian melanggar karena rangkap jabatan yakni menjadi hakim mediator sekaligus ketua majelis untuk perkara yang sama, dilakukan oleh 1 hakim terlapor.

Farid menyampaikan, Hakim terlapor yang direkomendasikan dijatuhi sanksi mayoritas berasal dari provinsi Jawa Timur, yaitu 13 hakim, 8 hakim dari Jawa Barat.

Selanjutnya disusul 6 hakim terlapor dari Sumatera Utara, 4 hakim terlapor dari DKI Jakarta, 4 hakim dari Bali, 4 hakim terlapor dari Kalimantan Barat, 3 hakim dari Aceh, 3 hakim dari Riau.

Kemudian 3 hakim dari Jawa Tengah, 2 hakim dari Jambi. "Untuk hakim terlapor dari Sulawesi Selatan ada dua ora ng," paparnya.

Sementara lainnya, yaitu 1 hakim dari Sumatera Barat, 1 hakim dari Sulawesi Tenggara, 1 hakim dari Nusa Tenggara Barat; 1 hakim dari Maluku Utara; 1 hakim tdari Lampung, dan 1 hakim dari Kalimantan Selatan.

"Dari 58 hakim terlapor yang diusulkan untuk direkomendasikan dijatuhi sanksi oleh KY, telah menyampaikan surat rekomendasi sanksi ke MA terhadap 42 hakim terlapor, sementara 16 hakim terlapor lainnya masih dalam proses pengurusan administrasi di KY," ujarnya.(*)

Penulis: Hasan Basri Editor: Anita Kusuma Wardana Ikuti kami di Aksi Berani Pria Gondrong Kembalikan Sampah yang Dibuang Sembarangan oleh Penumpang Mobil Polisi Sumber: Google News | Berita 24 Sumbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »