www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tengaran Aksara Slogan Padang Kota Tercinta

Posted by On 17.01

Tengaran Aksara Slogan Padang Kota Tercinta

  • Beranda
  • Artikel
Tengaran Aksara Slogan Padang Kota Tercinta
Selasa,16 Januari 2018 - 21:51:09 WIB
Reporter : Tim Redaksi Tengaran Aksara Slogan Padang Kota Tercinta Tengaran Aksara Slogan Padang Kota Tercinta

Oleh: Holy Adib (Wartawan Haluan)

Pemerintah Kota (Pemko) Padang membuat bangunan aksara bertuliskan slogan kota tersebut di puncak Gunung Padang (sebenarnya bukan gunung, melainkan bukit). Banyak media massa menyebut bangunan huruf itu sebagai tagline atau slogan, dan tulisan besar. Benarkah sebutan tersebut?

Salah satu bangunan aksara paling populer di dunia adalah bangunan aksara bertuliskan HOLLYWOOD di Mount Lee, kawasan Hollywood Hills, Pegunungan Santa M onica, Los Angeles, California. Belakangan ini, banyak daerah di Indonesia, termasuk daerah-daerah di Sumatra Barat, membuat bangunan huruf bertuliskan nama kota atau nama tempat untuk tujuan wisata.Bangunan aksara menjadi tempat favorit bagi para pengunjung tempat tersebut untuk berfoto sebagai bukti bahwa mereka ke sana.

Di Padang, ada beberapa bangunan aksara, antara lain, bangunan huruf bertuliskan MASJID RAYA SUMATERA BARAT di depan Masjid Raya Sumatera Barat dan bangunan huruf bertuliskan PADANG di samping tugu IORA di Pantai Padang.Bangunan aksara terbaru di Padang adalah bangunan huruf bertuliskan PADANG KOTA TERCINTA. Kata “Padang” padabangunan aksara itu berwarna putih dan dibuat lebih besar daripada kata “Kota Tercinta” yang berwarna merah.

Proyek pembangunan bangunan aksara slogan tersebut merupakan program Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Padang. Di papan informasi proyek pembangunan itu tertulis “Pembangunan Tagline” pada nama kegiatan proyek dan “Pengadaan Konstruksi Tagline” pada pekerjaan proyek. Di papan informasi itu juga tertulis nilai kontrak pembangunannya sebesar Rp6.370.071.000. Saya menduga media-media massa menyebut bangunan aksara slogan itu berdasarkan informasi di papan informasi proyek pembangunan tersebut.

Mengapa sebutan tagline atau slogan merupakan sebutan yang tidak tepat untuk menyebut bangunan aksara itu? Kota Padang sudah memiliki slogan, yakni “Padang Kota Tercinta”. Slogan itu ditetapkan melalui Perda Nomor 1 Tahun 1992 tentang Lambang Daerah Kota Madya Padang, pada kepemimpin Wali Kota Padang, Syahrul Udjud. Oleh sebab itu, Pemko Padang dan media massa keliru menyebut proyek pembangunan bangunan tersebut sebagai pembangunan tagline karena slogan itu sudah dibuat pada 1992 bukan dengan dana sebesar Rp6 miliar lebih. Karena itu pula, ketika media massa at au siapa pun menyebut bangunan aksara slogan itu sebagai slogan, sebutan tersebut merupakan sebutan yang tidak tepat.

Landmark, mercu tanda, tengaran, dan markah tanah

Hingga kini, belum ada istilah yang disepakati secara umum untuk menyebut bangunan huruf yang dibuat di tempat tertentu sebagai penanda tempat tersebut, padahal bangunan huruf besar itu sudah ada di banyak daerah di Indonesia.

Media-media massa Malaysia menyebut bangunan aksara seperti HOLLYWOOD di Mount Lee itu sebagai mercu tanda.Mynewshub.cc menerbitkan berita pada 2 Januari 2017 dengan judul “Perbuatan Nakal: Mercu Tanda Hollywood jadi Hollyweed”. Astrowani.com membuat judul berita “Mercu Tanda Hollywood Mangsa Kenakalan”. Wangcyber.com juga menyebut mercu tanda dalam judul beritanya, yakni “Mercu Tanda Hollywood Diubah Jadi Hollyweed”. Bagaimana dengan media-media massa di Indonesia? Sejauh ini, saya belum melih at media-media massa di Indonesia memakai sebutan mercu tanda untuk menyebut bangunan aksara seperti itu.

Mercu tanda merupakan terjemahan landmark. Ada juga yang menerjemahkan landmark secara harfiah dengan markah (mark) tanah (land). Buku Daftar Istilah Arsitektur (Pusat Bahasa, 1978) memadankan land mark dengan kata tengaran. Katatengaran, mercu tanda, maupun markah tanah belum terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Badan Bahasa). Teman-teman Wikipediwan bahasa Indonesia menggunakan kata mercu tanda dan markah tanah sebagai padanan landmark, dan mengambil kata tengaran dari buku Daftar Istilah Arsitektur untuk membuat definisi landmark: fitur geografis baik alami ataupun buatan manusia, yang digunakan oleh pengelana dan lainnya untuk menemukan jalan mereka kembali atau untuk navigasi. Pada zaman modern, markah tanah merupakan sesuatu yang mudah dikenali, seperti monumen, bangunan atau struktur lainnya.

Dalam buku seri Strategi Arsitektur 2 berjudul Perancangan Sistem Kota Secara Terpadu (Kanisius, 1999), Markus Zahnd memadankan landmark dengan tengaran. Ia mendefinisikan landmark sebagai elemen eksternal dan merupakan bentuk visual yang menonjol dari kota, misalnya gunung atau bukit, gedung tinggi, menara, tanda tinggi, tempat ibadah, pohon tinggi, dan sebagainya.

Definisi tersebut tidak menyebutkan secara persis bahwa bangunan aksara seperti nama HOLLYWOOD di Mount Lee itusebagai bagian dari landmark. Akan tetapi, jika dilihat dari definisinya, bangunan aksara HOLLYWOOD itu merupakan bagian dari landmark. Namun, sebutan landmark belum akurat untuk menyebut bangunan aksara karena landmark bukan hanya berbentuk bangunan aksara. Kita memerlukan sebuah sebutan atau ist ilah yang akurat untuk menyebut bangunan aksara seperti HOLLYWOOD itu.

Dalam sebuah obrolan dengan saya, Ivan Lanin, wikipediawan dan pemerhati bahasa, menyarankan istilah tengaran aksarauntuk menyebut bangunan aksara. Saya pikir istilah tersebut akurat untuk menyebut bangunan aksara seperti HOLLYWOOD. Istilah tersebut sesuai degan persyaratan pembentukan istilah dalam Pedoman Umum Pembentukan Istilah (Badan Bahasa, 2007). Pertama, istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang paling tepat untuk mengungkapkan konsep termaksud dan yang tidak menyimpang dari makna itu. Kedua, istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang paling singkat di antara pilihan yang tersedia yang mempunyai rujukan sama. Ketiga, istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang bernilai rasa (konotasi) baik.Keempat, istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang sedap didengar (eufonik). Kelima, istilah yang dipilih adalah ka ta atau frasa yang bentuknya seturut kaidah bahasa Indonesia.

Bagaimana dengan sebutan mercu tanda seperti yang dipakai media massa di Malaysia? Khusus untuk menyebut bangunan aksara di tempat tinggi, seperti di atas bukit atau di atas gedung, sebutan mercu tanda aksara bisa dibenarkan karena menurutKamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mercu berarti bagian yang tertinggi (paling atas); puncak. Mercu tanda aksara bisa didefinisikan sebagai bangunan aksara yang terletak di puncak, misalnya di puncak bukit atau puncak bangunan. Namun, sebutanmercu tanda aksara tidak tepat untuk menyebut bangunan aksara yang tidak berada di tempat tinggi. Oleh sebab itu, istilah “landmark aksara” bisa dipakai untuk mewakili bangunan aksara yang terdapat di tempat apa pun, baik di puncak bukit maupun di pinggir pantai. ‘

Oleh karena kita mesti menjunjung bahasa Indonesia, kita perlu mencari padanan landmark. Buku Daftar Istilah Arsitektur dan buku Perancangan Sistem Kota Secara Terpadutelah memadankan landmark dengan kata tengaran. Kata tengaran memang belum sepopuler landmark dan belum masuk KBBI. Di sinilah peran besar media massa, yakni memopulerkan sebuah kata. Media massa bisa menyebut bangunan aksara dalam berita dengan tengaran (landmark) aksara. Dengan menyertakan katalandmark saat menulis tengaran aksara, masyarakat akan mengetahui tengaran sebagai padanan landmark. Mengenai popular atau tidaknya kata tengaran, hal ini tergantung pihak-pihak yang berkaitan untuk menyosialisasikan kata ini, salah satunya media massa. Makin sering digunakan, kata tengaran akan makin populer. Selain itu, Badan Bahasa perlu memasukkan kata tengaranke dalam KBBI agar pengguna kamus tidak ragu lagi menggunakannya sebagai padanan landmark .

Khusus untuk bangunan aksara bertuliskan PADANG KOTA TERCINTA di Gunung Padang, selain sebutan tengaran aksara, bangunan aksara itu juga bisa disebut dengan tengaran aksara slogan atau mercu tanda slogan karena bangunan aksara yang dibuat di atas bukit itu merupakan slogan.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]


Follow @Haluan_
TULIS KOMENTAR BERITA LAINNYA Sumber: Google News | Berita 24 Sumbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »