www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jokowi Sering ke Sumatera Barat, Pengamat: Berharap Dipilih pada ...

Posted by On 03.24

Jokowi Sering ke Sumatera Barat, Pengamat: Berharap Dipilih pada ...



Langkan.id, Padang - Presiden RI Joko Widodo tercatat sudah lima kali melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Sumatera barat, dalam empat tahun kepemimpinannya. Pengamat Politik Universitas Andalas (Unand), Asrinaldi, menilai komunikasi politik yang dibangun Jokowi lewat kunjungan akan menimbulkan persepsi positif di tengah masyarakat.“Artinya, komunikasi politik yang dilakukan pak Jokowi, bahwa dia ingin menunjukkan pemerintah pusat perhatian dengan Sumatera Barat, hal itu dituangkan dengan cara membangun sejumlah program pembangunan dan kunjungan kerja,” ujarnya kepada langkan.id, Selasa 22 Mei 2018.Perhatian melalui pembangunan infrastruktur dan seringnya melakukan kunjungan kerja ke Sumbar, dinilai Asrinal di sangat erat kaitannya dengan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Jokowi tak ingin kegagalan di Sumbar pada 2014 lalu terulang.Apalagi, Sumbar merupakan zona merah bagi Jokowi. Pasangan Jokowi-Jusuf Kalla hanya mendapatkan 23,08 persen suara Pilpres 2014 di Sumbar. Sedangkan, pasangan Prabowo-Hatta Rajasa meraih 76,92 persen suara.“Di sini secara tersirat sebagai pejabat politik, pak Jokowi mengharapkan sesuatu dari Sumbar. Bisa kita tangkap, saat pilpres 2014, pak Jokowi kalah telak, setidaknya di 2019, Jokowi berharap dipilih oleh masyarakat Sumbar,” katanya.Kunjungan pertama Presiden Joko Widodo dilakukan 8-10 Oktober 2015. Presiden Jokowi saat itu diagendakan mengunjungi Jambi dan Riau untuk meninjau daerah-daerah yang terpapar kabut asap akibat kebakaran lahan.Namun karena pekatnya kabut asap yang menutup langit Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi, dan Bandara Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau, akhirnya Pesawat Kepresidenan RI 1 mendarat di Bandara Internat ional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sumbar.Dalam kunjungan ke Sumbar selama tiga hari itu, Presiden Jokowi mengunjungi peternakan sapi di Padang Mengatas, Kabupaten Lima Puluh Kota, kawasan wisata bahari terpadu (KWBT) Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, meninjau pembangunan Kereta Api (KA) Bandara di komplek Bandara Internasional Minangkabau, di Kabupaten Padang Pariaman.Kemudian kunjungan kedua Jokowi di Ranah Minang dilakukan pada 12 April 2016. Dia membuka Latihan Multilateral Angkatan Laut Komodo 2016.Berselang tiga bulan kemudian tepatnya pada 4-6 Juli 2016, Presiden Joko Widodo untuk ketiga kalinya kembali mengunjungi Sumatera Barat. Jokowi dalam kunjungan kerja itu juga sempat membagikan sembako kepada masyarakat di sejumlah titik di Kota Padang, menghadiri tablig akbar di kantor Gubernur Sumbar hingga menunaikan Shalat Idul Fitri 1437 Hijriah yang jatuh pada 6 Juli 2016 di Mesjid Raya Sumatera Barat.

Jokowi di Hari Pers Nasional

Presiden Jokowi di acara Hari Pers Nasional. (Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan.)
Kunjungan keempat orang nomor satu di Indonesia itu dilakukan pada 7-9 Februari 2018. Presiden Jokowi di agendakan menghadiri perayaan puncak Hari Pers Nasinal (HPN) di Padang 9 Februari 2018.Namun pada 7-8 Februai 2018 Presiden Jokowi mengunjungi 5 Kabupaten di Sumbar, dengan berbagai agenda mulai dari membagi-bagikan sertifikat tanah, kartu indonesia pintar (KIP), bantuan program keluarga harapan (PKH), bantuan sosial pangan rastra, hingga meresmikan dimulainya pembangunan jalann tol yang menghubungkan Sumbar dan Riau.

Jokowi di Peresmian Kereta Bandara Minangkabau

Jokowi di Peresmian Kereta Bandara Minangkabau (Fo to: Dok. Biro Pers Setpres)
Kunjungan terbaru dilakukan pada 21 Mei 2018. Dalam kunjungan selama enam jam itu, Presiden melakukan tiga agenda kerja, yakni meresmikan pengoperasian KA Bandara Minangkabau Ekspres, pembagian 510 sertifikat tanah mesjid dan mushola, hingga peresmian kampus II pesantren modern terpadu Prof. Dr. Hamka di Aie pacah, Koto Tangah Padang. (Almurfi Sofyan)Sumber: Google News | Berita 24 Sumbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »