www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Semarak Festival Minangkabau di Ancol

Posted by On 08.25

Semarak Festival Minangkabau di Ancol

Penari menampilkan tari piring pada pembukaan Kampoeng Minangkabau Festival 2018 di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta, Kamis (10/5)
Penari menampilkan tari piring pada pembukaan Kampoeng Minangkabau Festival 2018 di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta, Kamis (10/5) | Dhemas Reviyanto /Antara Foto

Di antara beberapa festival yang terjadi belakangan di Indonesia ada Festival Minangkabau. Sesuai namanya; festival yang diadakan di Pantai Lagoon Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, ini hanya menampilkan beragam kebudayaan dari Sumatera Barat.

Kegiatan ini menjadi salah satu komitmen Taman Impian Jaya Ancol dalam melestarikan dan mempopulerkan kebudayaan Nusantara. Mereka ingin m emamerkan budaya Minang kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

"Karena budaya Indonesia sangat kaya, jadi harus diperkenalkan kepada masyarakat pengunjung Ancol agar tetap lestari," ucap Teuku Sahir Syahali, Direktur Rekreasi PT Taman Impian Jaya Ancol, dilansir detikcom, April lalu.

Festival ini resmi dibuka untuk umum pada Kamis (10/5/2018) pukul 15.00 WIB. Pembukaannya dimeriahkan oleh kesenian arak-arakan khas Minang dan Tambua Tansa, alat musik gendang tradisional khas Minangkabau.

Tambua Tansa ditabuh oleh minimal empat orang yang mengenakan pakaian adat Minangkabau. Kesenian ini kerap dilakukan pada acara besar seperti pesta pernikahan atau upacara penyambutan tamu-tamu penting.

Pada festival ini, pengunjung juga bisa mengenal lebih dalam tentang budaya dan leluhur suku Minangkabau di area berisi foto tokoh sejarah Sumatera Barat. Ada juga beragam kebudayaan khas Minangkabau lainnya seperti Makan Bajamba, Rabab Tradisional, Salawat D ulang Tradisional, Festival 1000 Randai, Permainan Tradisional KIM, dan Tarian Tradisional.

Festival ini juga dimeriahkan oleh penampilan Kintani (penyanyi dari Padang), Upiak Isil penyanyi yang mempopulerkan lagu nan viral "Tak Tuntuang", Youtuber Minang (YTM), dan Dayukoto (rapper Minang). Ada pula penampilan tarian khas Minang, Tari Pasambahan dan Tari Piriang.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno ini juga akan memanjakan pengunjung dengan berbagai santapan khas Minangkabau, seperti nasi Kapau, rendang, itiak lado hijau dan sate danguang-danguang asal Payakumbuh, atau yang lebih populer di luar Sumatera Barat dengan nama sate Padang.

Tidak ketinggalan jajanan seperti es tebak, minuman yang terdiri dari olahan tepung beras, cincau, serta agar warna-warni beserta sirup manis dan es serut nan melimpah. Ada juga martabak hayuda, lontong kapua dan bika amak.

Sekretaris Daerah Sumatera Barat Ali Asmar turut mengapresiasi kegiatan Kampoeng Minangkabau Festival 2018 yang diklaim sebagai festival pertama dan terbesar yang diselenggarakan di kawasan Ancol. Menurut dia, kegiatan ini dapat melestarikan budaya Minang sekaligus mengobati kerinduan masyarakat Minang yang merantau di Jakarta.

"Adanya acara ini menjadi ajang mencintai produk lokal sekaligus menjawab kerinduan orang Minang pada kampung halaman. Karena di sini, terdapat sajian kuliner dari berbagai kota di Sumatera Barat sekaligus mempertahankan budaya meski berada di tanah rantau," ujarnya dalam Tempo.co.

Sebelumnya, seperti dijelaskan Teuku Shahir, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya Ancol untuk mempromosikan budaya Indonesia secara menyeluruh. Sebelumnya untuk memperingati Hari Raya Nyepi, taman rekreasi ini menyelenggarakan Festival Ogoh-ogoh asli Bali.

"Kita ingin mempresentasikan budaya Indonesia," lanjut Teuku saat pembukaan Ancol Kampoeng Minangkabau Fest ival 2018 di Pantai Lagoon Ancol (h/t Viva.co.id).

Festival ini akan berlangsung hingga Minggu (13/5/2018) tanpa dipungut biaya, kecuali biaya masuk Ancol.

Menurut rencana, berikutnya akan digelar pesta kebudayaan lain seperti Festival Kebudayaan Betawi, Festival Kuliner Nusantara dan Asian Festival dalam rangka menyambut HUT Jakarta serta perhelatan Asian Games 2018.

Sumber: Google News | Berita 24 Sumbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »