www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Guys, Ini Dia 10 Sajian Khas Sumbar Saat Lebaran

Posted by On 23.02

Guys, Ini Dia 10 Sajian Khas Sumbar Saat Lebaran

Guys, Ini Dia 10 Sajian Khas Sumbar Saat Lebaran Redaktur:

Asem Pandeh Daging

INDOPOS.CO.ID - Berkunjung ke Sumatera Barat (Sumbar) nggak akan lengkap bila tak mencicipi kuliner legendanya. Kamu pasti sudah bisa menebaknya. Rendang adalah kuliner itu. Menteri Pariwisata juga mengakui kenikmatan Rendang. “Cita ras a rendang tak perlu diragukan lagi. Kuliner ini bahkan sudah mendapat pengakuan dunia sebagai makanan paling lezat dari Indonesia. Beberapa media asing senantiasa menempatkan rendang di posisi puncak list makanan terenak,” ujar Menpar Arief, Senin (4/6).

Namun rendang bukan satu-satunya kuliner yang bisa kamu nikmati jika menghabiskan #PesonaMudik2018 di Sumbar. Ada segudang #PesonaKulinerLebaran2018 lain yang tentu saja menyuguhkan cita rasa yang menggiurkan. Berikut #Top10kulinerLebaran Sumatera barat yang bisa kamu cicipi saat berlebaran di propinsi ini.

Sate padang

Olahan sate khas kota Padang dibuat menggunakan daging sapi. Sebenarnya tidak hanya daging dan lidah sapi, melainkan ada pula bahan lain yang kerap digunakan seperti jeroan berupa jantung, usus, dan paru. Sedangkan untuk bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, jahe, cabai merah, dan bumbu lainnya. Bumbu-bumbu tersebut dimasak dengan kaldu sapi, kemudian akan dit ambah dengan tepung beras agar lebih kental.

Asem Pandeh Daging

Bahan utama kuliner ini adalah daging sapid an ayam. Sesuai arti namanya yang berarti asam pedas, rasanya juga begitu, asam pedas, karena dibuat dengan cabai yang dominan, dan ada asam kandis. Jika dibuat dengan daging sapi, penampilannya akan sangat mirip dengan rendang, karena warna dagingnya yang cokelat, dengan sedikit kuah menyertainya. Untuk lebih mempercantik tampilan, biasanya akan ditambah dengan irisan tomat di atasnya.

Lompong Sagu

Ini adalah kudapan khas Sumatera barat. Bahan yang digunakan untuk membuat lompong sagu adalah tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, dan pisang kepok atau pisang raja. Makanan tradisional Sumatera Barat ini berasal dari daerah Minang dengan rasa dominan manis dan ada aroma khas pemanggangan. Rasanya lezat saat disantap dalam keadaan hangat.

Sate Lokan

Sate lokan adalah sate yang menggunakan bahan dasar berupa kerang hijau. Setelah dimasak akan bewarna oranye kemerahan. Seperti halnya sate kebanyakan, sate kerang ini akan disajikan dengan cara ditusuk yang ditambah dengan kuah kental khas Padang.

Galamai

Teksturnya yang kenyal dan warna coklat pekat mengingatkan kamu pada Dodol. Bahannya adalah tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah. Seperti Dodol, ketiga bahan itu disatukan menjadi adonan dan dimasak dalam kuali besar selama tiga jam. Untuk mendapatkan hasil yang konsisten, adona it uterus diaduk selama proses memasak.

Bareh Randang

Ini bukan rendang. Bahan utama kudapan khas Sumatera barat ini adalah tepung beras yang dicampaur dengan cairan gula dan santan. Ketig bahan itu kemudian disangrai dan dibentuk kotak-kotak kecil sehingga tampak unik. Rasanya manis dan cocok jadi kudapan kala bersntai bersama keluarga.

Sala Lauak

Salah Lauak adalah kuadapan khas Pariaman. Bahan utamanya adalah campuran ikan dan tepung yang dibentuk bulat atau pipih. Setelah itu digoreng hingga beribah warna menjadi kuning kecoklatan. Sala Lauak ini paling enak dimakan dengan cocolan saus.

Nasi Sala

Masih dari Pariaman, ada kuliner khas bernama Nasi Sala. Isi kuliner ini adalah nasi dan ikan kebung goreng yang dibumbui dengan cabai giling, lengkuas, daun kunyit, dan bawang putih. asa ikannya yang gurih renyah akan sangat lezat bila bercampur dengan pedasnya samba lado yang dibuat dari cabai merah asli.

Lamang Tapai

Salah satu jajanan pasar yang masih awet hingga sekarang di daerah Minangkabau adalah lamang tapai. Panganan ini disajikan dari lamang yang dimasak dengan medium bambu kemudian ditambah dengan tapai hasil fermentasi.

Lamang Katan

Ini adalah kuliner yang dibuat dari beras ketan yang dibakar dalam bambu. Kebanyakan olahan ini akan memiliki 3 rasa, yakni rasa manis, asin, dan ada pula rasa asam. (lis/ags)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pariwisata&nbsp
Sumber: Google News | Berita 24 Sumbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »